Tips-kesehatan-ibu-menyusui

Apa Itu Let Down Reflex?

Let Down Reflex (LDR) adalah refleks keluarnya ASI secara deras. Terjadinya LDR ini distimulasi oleh hormon oksitosin. Ciri-ciri terjadinya LDR berbeda pada masing-masing ibu. Beberapa ibu merasakan payudara terasa penuh dan ASI mulai menetes secara tiba-tiba, timbulnya rasa haus, dan geli di sekitar puting. Dan kabar baiknya LDR ini dapat distimulasi dengan cara-cara tertentu. Kemampuan Ibu merangsang terjadinya LDR menjadi kunci yang penting dalam keberhasilan Ibu memberi ASI eksklusif bagi buah hati.

Bagaimana Cara Merangsang LDR?

  • HINDARI STRES. Menghindari stres adalah faktor terpenting yang harus diperhatikan. Stres dapat menghambat produksi hormon oksitosin yang penting bagi terjadinya LDR. Produksi hormon oksitosin sangat tergantung pada suasana hati ibu. Berusalah untuk rileks, jangan terlalu memaksakan atau mematok jumlah ASI yang harus dikeluarkan.
  • Ingat lucunya si kecil. Hormon oksitosin disebut juga dengan hormon kasih sayang karena hormon tersebut diproduksi saat ibu merasakan perasaan kasih sayang terhadap buah hatinya. Cobalah mengingat kelucuan si kecil dengan melihat foto atau video si kecil atau dengan mencium bau pakaian si kecil.
  • Jaga suasana hati. Berusahalah melakukan hal-hal yang Momi senangi. Hal ini tentunya berbeda bagi masing-masing ibu.
  • Lakukan stimulasi pada puting dengan jari atau kain halus.

Dan jangan lupa juga bahwa keberhasilan ASI eksklusif adalah usaha bersama. Bukan hanya Momi yang perlu berusaha, namun dukungan seluruh keluarga juga sangat penting dalam keberhasilan Momi. Jadi jangan ragu untuk meminta bantuan dari segenap keluarga. Percayalah setiap usaha yang Momi lakukan sangat sebanding dengan segala kebaikan ASI yang didapat si kecil. Dengan doa dan usaha niscaya Momi berhasil memberi ASI eksklusif bagi si kecil. Selamat berusaha Momi! 🙂

Punya pengalaman atau pertanyaan tentang ASI? Silahkan tinggalkan komentar dibawah. Jika dirasa bermanfaat share artikel ini ya Mom supaya lebih banyak Momies yang mendapatkan manfaatnya juga. Terimakasih Momi.

[addtoany buttons=”facebook,twitter,google_plus”] [fbcomments]

Artikel ini disponsori oleh MomiBebi.com